Berita

Pada SNMPTN tahun ini, panitia pusat ternyata tidak membuka peluang bagi siswa kelas 3 Madrasah Aliah Negeri dan Swasta (MAN/MAS) se-Indonesia untuk diterima di PTN melalui jalur SNMPTN. Mereka justru diarahkan untuk memilih jalur Universitas Islam Negeri (UIN) atau Institut Agama Islam Negeri (UIN). Akan tetapi, Unimalmeminta izin khusus untuk bisa menerima siswa dari MAN dan MAS tersebut melalui SNMPTN.

"Alhamdulillah, izin khusus itu sudah kami peroleh dari Panitia Pusat SNMPTN 2014. Dengan demikian, mulai 5 Maret ini, siswa kelas 3 MAN/MAS se-Aceh maupun dari provinsi lain, boleh memilih kuliah keUnimal," kata Rektor Unimal, Dr Apridar MSi kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Rabu (4/3/2014).

Apridar mengaku kaget karena baru Selasa siang dia tahu bahwa panitia pusat mengunci sistem dan jalur penerimaan SMPTN bagi siswa kelas 3 MAN/MAS se-Indonesia. "Saya baru tahu kalau sistem itu terkunci dari seorang guru MAS Ruhul Islam Anak Bangsa di Mata Ie, Aceh Besar yang mengabarkan tidak seorang pun murid di madrasah itu berhasil mendaftarkan diri di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebagai syarat untuk ikut SNMPTN," kata Apridar.

Info yang ia peroleh itu lalu dikonfirmasikan Apridar ke Panitia Pusat SNMPTN di Jakarta. Ternyata memang siswa jurusan agama (MAN/MAS dan lainnya) tahun ini tidak bisa memilih seluruh PTN karena sistemnya dikunci oleh panitia pusat. Salah satu alasan pusat, jalur SNMPTN ini adalah jalur bakat dan prestasi yang pembuktiannya melalui nilai rapor dan portofolio prestasi yang pernah diraih siswa.

Sedangkan nilai rapor siswa MAN/MAS dari mata pelajaran agama, Alquran dan hadis, serta lainnya itu tidak bisa dikonversi ke dalam laman SNMPTN karena formatnya hanya untuk menampung mata pelajaran-mata pelajaran khas SMA dan SMK.

Menyadari hal itu, kemarin Apridar selaku Rektor Unimal langsung  mengirim email ke panitia pusat agar diperkenankan menerima calon mahasiswa dari jalur sekolah agama (MAN/MAS). Panitia pusat akhirnya menyetujui permintaan Rektor Unimal itu.

Dengan demikian, mulai hari ini (5/3/2014) para siswa kelas 3 MAN/MAS di Aceh dan seluruh Indonesia sudah bisa memilih prodiprodi yang ada di Unimal, khususnya di FISIP dan Fakulatas Hukum, melalui Web SNMPTN. "Kami lebih senang menerima calon mahasiswa yang selain pintar juga kuat basis agamanya," demikian Apridar.

AKSES CEPAT

snmptn bidikmisi

header sbmptn 2015   bks baratPENDAFTARAN SMMPTN

 

 

 

Kampus Utama Cot Tengku Nie Reuleut, Muara Batu, Aceh Utara, Provinsi Aceh, Indonesia

Call Center: 081227944233 , 085373805573 , 085277381426 , 085270075704 

Website : http://pmb.unimal.ac.id     

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.   

Facebook: https://www.facebook.com/univ.malikussaleh 

twitter: @InfoUnimal

Please publish modules in offcanvas position.